Sabtu, 13 September 2014

Tips Memancing Di Kolam dan Umpan Ikan Lele

Memancing ikan lele dikolam pemancingan / empang saat ini merupakan olahraga yang cukup digemari oleh banyak para pemancing mania dikarenakan umpannya yang cukup mudah didapat dan keagresifan si ikan lele dalam memakan umpan pancing menjadi saat-saat yang sangat dinikmati dan ditunggu-tunggu oleh para mancing mania.
Ikan lele ini sebenarnya merupakan ikan Nokturnal yang pada habitat alamiahnya melakukan aktifitas pencarian makannya lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yang teduh dan gelap.
Akan tetapi pada kolam pemancingan / empang ikan lele yang paling biasa dipakai untuk dipancing adalah hasil dari budidaya kolam / empang alias bukan dari alam, dikarenakan sudah sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi  berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap saat dia merasa lapar .
Beberapa Tips Memncing ikan lele pada kolam pemancingan harian / empang
1. Umpan
Untuk memancing ikan lele umpan yang digunakan :
  • Cacing Tanah
  • Ulat
  • Serangga
  • Potongan daging ikan dan belut (bisa dikukus, dibakar ataupun digoreng)
  • Potongan daging unggas dan sapi (bisa dikukus digoreng ataupun dibakar)
  • Telur Semut / Kroto
  • Pelet lele yang sudah jadi dan dijual ditoko umpan dicampur dengan daging giling ataupun dicampur daging ayam yang sudah dikukus
2. Mata Pancing dan Benang pancing.
Gunakan kail / mata pancing ukuran 8 – 10 sesuai selera anda dan kaitkan 2 atau 3 mata kail, benang pancing yang kuat untuk menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan berwarna tidak terang. gunakan pelampung yang agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing anda sudah dimakan atau belum oleh ikan
3. Tempat / Lapak
Carilah Tempat / Lapak yang kira-kira menurut anda galian tanah kolam pemancingannya cukup dalam walaupun pada saat baru diatruh dikolam ikan lele akan langsung memutari kolam pemancingan tetapi besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya. Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yang bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika anda memancing disiang hari cari posisi tempat yang teduh dan apabi;la kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tersebut.
4. Selera Makan Yang berubah-ubah
Pada saat memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.
5. Benang Pancing yang sering ditabrak
Ikan lele yang berubah-ubah selera makannya pada saat sudah berada didekat umpan anda biasanya dia hanya melewati umpan tersebut dan terkadang menyentuh benang pancing anda sehingga pelampung anda bergoyang. Pada saat seperti ini sebaiknya anda segera menyentak pancing anda dengan harapan mata pancing anda tersangkut pada tubuh si ikan tersebut ( sah-sah aja…..yang penting pulang bawa hasil…hehehe….)
Demikian Tips memancing ikan lele dikolam pemancingan harian selamat mencoba.
Semoga Bermanfaat……!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar